Media sosial merupakan kumpulan aplikasi yang memudahkan penggunanya melakukan interaksi secara online. Melalui media sosial, seseorang dapat berbagi foto dan video. Umumnya, media online digunakan untuk berjualan, bersosialisasi, dan mencari pasangan.
Media sosial memiliki sejumlah manfaat bagi penggunanya, terutama media konvensional, seperti iklan, televisi, media cetak, brosur dan selebaran. Terlebih lagi, kecanggihan media online mampu menjangkau para penggunanya dengan jarak yang tak terbatas.
Daftar Sosial Media yang Populer di Indonesia
Banyak orang Indonesia yang menggunakan sosial media untuk sharing aktivitasnya sehari-hari. Tapi apa saja sih media sosial yang biasa orang Indonesia gunakan?
1. Youtube
Youtube adalah situs website untuk berbagi video, terdapat beberapa orang juga menyebutnya sebagai media sosial berbasis video. Berbagai macam video bisa diunggah melalui youtube mulai dari video tutorial, music, video edukasi, film pendek, trailer film, sinetron, video blog, dan lain-lain.
Youtube berdiri sejak Februari 2005 yang didirikan oleh Jawed Karim, Steven Chen, dan Chad Hurley. Mereka kemudian mendirikan markas besar youtube di California, Amerika Serikat. Youtube pula bisa menjadi strategi pemasaran yang tepat bagi usaha kamu membuat iklan dan promosi sedemikian rupa untuk menarik atensi para pelanggan melalui video unik yang diunggah pada kanal YouTube.
2. WhatsApp
Pada urutan kedua, media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia selanjutnya adalah WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang dapat digunakan melalui smartphone atau laptop. WhatsApp tidak menggunakan pulsa seperti SMS, tetapi menggunakan data internet.
Jadi, pada aplikasi ini tidak perlu khawatir mengenai panjang pendeknya karakter tulisan, tidak ada batasan selama data internet memadai. Tidak hanya berkirim pesan seperti teks, pada WhatsApp juga bisa mengirim gambar, video, juga dokumen. Aplikasi berbagi pesan ini kerap digunakan melalui smartphone atau laptop.
3. Instagram
Instagram menjadi salah satu media sosial yang digemari di Indonesia, terutama kaum muda. Aplikasi berbasis iOS, Android, dan Windows phone ini dapat digunakan untuk mengedit, memposting foto, video, ke halaman utama instagram dan jejaring sosial lainnya.
Sistem pertemanan pada instagram adalah menggunakan istilah following dan follower seperti di Twitter. Follower berarti pengguna lain yang mengikuti kamu, sedangkan following berarti kamu mengikuti pengguna lain. Setiap pengguna bisa saling berinteraksi dengan memberikan like foto yang dibagikan maupun berkomentar. Selain itu, Instagram juga bisa berkirim pesan hingga melakukan panggilan video.
4. Facebook
Facebook adalah jenis media sosial paling populer selanjutnya yang kerap digunakan untuk berbagi foto, video, lokasi, dalam kegiatan sehari-hari, Facebook juga terus melakukan pembaharuan untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya.
Dalam proses pengoperasian jejaring sosial ini terdapat beberapa hal yang harus kamu ketahui. Sama dengan sosial media sebelumnya, selain dapat digunakan untuk berkomunikasi serta berinteraksi dengan teman, banyak para penggunanya yang juga berbisnis melalui facebook aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencari uang.
5. Twitter
Twitter adalah jaringan informasi real-time yang menghubungkan penggunanya dengan cerita, ide, pendapat dan berita terbaru tentang apa saja yang dianggap menarik oleh banyak orang. Twitter salah satu jaringan sosial dan layanan mikroblogging yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan.
Umumnya, Twitter banyak digunakan oleh penggunanya lantaran memiliki fitur utas yang memungkinkan orang untuk berbagi tulisan panjang. Selain itu, para pengguna juga dapat melihat topik terkini yang tengah hangat diperbincangkan. Hal ini bisa menjadi referensi kamu untuk menarik pelanggan menggunakan tulisan, foto, dan video.
*Baca Juga:
- Proxy Web Gratis untuk Membuka Situs Terblokir
- Browser Anti Blokir Terbaik untuk PC dan HP
- Situs Nonton Film Gratis Secara Online 2023
6. Tiktok
Tiktok adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan di Indonesia. Hingga saat ini, aplikasi unik tersebut berhasil merebut hati masyarakat Indonesia sebab mampu masuk ke dalam kategori 10 besar media online paling terpopuler.
Media online ini digunakan untuk merekam, mengedit, dan mengunggahnya ke beberapa sosial media. Dengan Tiktok, kamu bisa membuat video pendek dengan disertai musik dan tulisan. Konten yang unik, biasanya akan cepat viral.
7. Line
Line adalah aplikasi pesan instan yang memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi melalui jaringan internet. Media sosial asal Negeri Sakura Jepang ini juga tidak kalah menarik untuk dijadikan sebagai bagian dari strategi pemasaran bisnis.
Ketimbang SMS, kini lebih banyak anak muda yang suka menggunakan Line untuk berkirim pesan. Line memang menyediakan banyak fitur menarik seperti stiker lucu, tapi tak hanya fitur stiker saja yang menarik. Line hampir sama dengan WhatsApp, Line juga bisa untuk mengirim pesan teks, foto, video, dokumen, dan link.
8. Telegram
Telegram adalah aplikasi pesan yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan chatting rahasia yang dienkripsi end to end sebagai keamanan tambahan.
Telegram hadir sebagai layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis. Para pengguna dapat mengirim pesan teks, foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya. Telegram bisa digunakan di android, iphone, windows phone, dan computer.
9. Pinterest
Pinterest adalah media social virtual pinboard yang memungkinkan penggunanya untuk membuat koleksi foto maupun album. Uniknya, pinterest ini bisa melakukan re-pin pada pin akun lain meski tak saling mengikuti satu sama lain.
Saat menemukan gambar maupun video di Pinterest, kamu dapat berbagi kepada orang lain yang juga menggunakan aplikasi tersebut Pinterest kerap digunakan untuk menemukan refrensi ide dalam membuat video, foto hingga mendekorasi kamar.
10. LinkedIn
LinkedIn adalah salah satu media sosial yang berfokus pada jaringan profesional dan bisnis. LinkedIn bisa digunakan untuk memajang keahlian dan pengalaman yang dimiliki seseorang, baik itu karyawan, pengusaha, pengusaha, dosen, hingga mahasiswa.
Dengan LinkedIn, seseorang dapat membuat profil profesional dengan menambahkan CV foto, pendidikan, hingga pengalaman-pengalaman lain. Dengan menggunakan LinkedIn, kamu juga dapat menjalin relasi profesional yang nantinya bisa berguna untuk meningkatkan karier, jabatan, serta koneksi kerja.
Jenis-Jenis Media Sosial
Setelah mengetahui beberapa sosial media yang sering digunakan saat ini. Kamu juga harus memahami jenis-jenis media sosial agar bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan dan target audiensnya.
1. Situs Jejaring Sosial (Social Network)
Banyak pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Platform ini membantu seluruh pengguna internet untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan merek.
2. Situs Media Sharing
Konten visual, seperti gambar, infografis, dan ilustrasi bisa menarik perhatian banyak orang. Seperti media sosial, jenis ini adalah Instagram. Ini memang dirancang untuk saling bertukar informasi melalui sebuah konten visual atau gambar.
3. Situs Ulasan atau Review
Situs media sosial ulasan atau review bisa menampilkan kepuasan pembeli terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Dengan media sosial ini, tentu akan meningkatkan kredibilitas bisnis, sehingga dapat meyakinkan pelanggan baru untuk membeli.
4. Situs Kolaborasi
Situs kolaborasi merupakan sebuah portal interaksi yang dibuat berdasarkan kriteria tertentu. Melibatkan banyak anggota, jenis media sosial ini memberi kesempatan penggunanya untuk berkolaborasi dalam memuat, menyunting, atau mengoreksi konten.
5. Situs Forum
Situs forum sebuah sarana komunikasi bagi penggunanya. Dimana didalam forum tersebut terbagi menjadi sub-sub dari forum itu, maksudnya didalam forum tersebut ada pembagian kategori yang dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam berinteraksi.