Mengetahui cara membuat Google form di Hp atau laptop sangat penting, apalagi bagi pekerja maupun mahasiswa. Google Form merupakan software administrasi survei yang dapat digunakan dengan sangat mudah dan cepat dengan berbasis web gratis yang disediakan oleh Google.
Metode penggunaan Google Forms dengan Google Sheets ini seolah-olah dirancang untuk mengumpulkan dan menganalisis data survei. Namun untuk mengumpulkan respons yang Anda cari, Anda harus mengetahui cara membuat Google form menjadi publik. Jika Anda ingin mengetahui caranya, mari simak penjelasan kami di bawah ini!
Daftar Isi
Cara Membuat Google Form Di Hp atau Laptop
Membuat Google Form Anda publik membantu Anda menghilangkan hambatan aksesibilitas dan membukanya ke kumpulan responden yang lebih besar dengan perspektif baru dan unik. Berikut cara membuat Google Form di Hp dan di Laptop.
1. Masuk ke Akun Google
Jika Anda sudah memiliki akun Google, maka Anda cukup masuk ke akun Google Anda. Jika belum maka Anda perlu membuat akun Google baru. Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetikan kata gmail.com ke browser, lalu Anda perlu buat akun Google Anda untuk masuk ke Google Drive.
2. Buat Google Form Baru
Nah di halaman ini, Anda bisa membuat Google Form Baru. Selain bisa membuat Google Form dari Google Drive, Anda juga bisa langsung membuka Google Form dari akun gmail Anda, cukup dengan klik titik enak yang terletak di pojok kanan atas, scroll ke bawah untuk menemukan fitur Google Form yang memiliki warna ungu. Atau untuk lebih singkat Anda masuk ke halaman ini https://docs.google.com/forms/u/0/.
Jika Anda membukanya melalui Google Drive, Anda dapat klik tombol (+) Plus yang ada di bagian kanan bawah pojok kanan.
3. Mengisi Pertanyaan
Setelah Google Formulir Anda telah terbuka, langkah selanjutnya adalah masuk ke tab Pertanyaan lalu masukkan judul formulir yang ingin Anda buat pada kotak yang telah disediakan.
4. Mengisi Ketentuan Jawaban
Setelah mengisi pertanyaan, selanjutnya adalah mengisi beberapa pertanyaan di bawah kontak “Judul Formulir” disana ada beberapa pertanyaan yang wajib Anda jawab atau isi yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Nah di sebelah kanan ada beberapa jenis pertanyaan yang bisa Anda pilih, Anda bisa memiliki jenis pertanyaan “Jawaban Singkat”
5. Opsi Pilihan Ganda
Jika Anda memilih opsi pertanyaan “Pilihan Ganda” maka Anda dapat dapat memilih opsi pertanyaan jenis ini yaitu “Pilihan Ganda”. Jika sudah dipilih jenis pertanyaan sesuai keinginan, lanjutkan dengan menambah pertanyaan dengan cara klik tanda plus yang terdapat pada bagian sisi kanan.
*Baca Juga:
- Cara Membuat Laporan Keuangan Bagi Pemula
- Cara Screenshot di Laptop dan PC dengan Mudah
- Contoh Website Perusahaan yang Bisa Jadi Inspirasi
6. Isi Pilihan Ganda
Nah setelah pertanyaan sudah ditambah, untuk membuat pertanyaan berikutnya, Anda bisa memilih lagi jenis pertanyaan lainnya. Misalnya Anda bisa memilih pertanyaan seperti jenis kelamin.
7. Penggunaan Paragraf
Untuk membuat pertanyaan selanjutnya, Anda bisa memilih opsi paragraph. Ini apabila pertanyaan yang ingin Anda berikan kepada audiens Anda adalah berbentuk paragraf.
8. Membuat Form Upload File
Apabila Anda ingin pertanyaan yang Anda ajukan membutuhkan jawaban yang juga disertai dengan file seperti dokumen, foto atau PDF. Maka Anda perlu memilih jenis pertanyaan “Upload File”. Disini Anda dapat mengatur jenis file, ukuran file yang bisa diunggah oleh audiens Anda.
9. Kustomisasi Layout
Jika Anda ingin mengubah tampilan layout Google Form Anda, maka Anda bisa pilih menu Colour Plate yang ada pada sudut kiri atas. Ini berfungsi untuk merubah warna formulir yang akan Anda buat.
10. Kirim Google Form
Anda bisa klik tombol Preview untuk melihatnya sebelum Anda mengirim ke orang lain. Jika tampilanya sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan, Anda bisa mengirimnya ke orang yang Anda tuju. Klik tombol “Kirim” pada pojok kanan atas, lalu ketik alamat email yang Anda tuju, lalu klik tombol “Kirim”.
Menggunakan Google Formulir untuk Membuat Survei
Data yang dikumpulkan melalui survei dapat digunakan untuk meningkatkan produk atau layanan atau untuk memahami sentimen pelanggan. Survei juga dapat digunakan untuk mengumpulkan umpan balik yang berharga dari karyawan.
Google Formulir dapat membantu Anda mengotomatiskan proses pengumpulan data dari survei. Dengan Google Formulir, Anda dapat membuat survei yang dapat diakses oleh responden. Membuat survei di Google Forms sangat berguna karena Anda akan dapat menggunakan logika percabangan untuk menyesuaikan pengalaman setiap responden bergantung pada jawaban mereka.
Selain itu, Anda dapat menggunakan Formulir Google untuk melacak tanggapan secara waktu nyata. Dengan cara ini, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang telah menanggapi survei Anda dan apa tanggapan mereka. Google Formulir memberi pengguna grafik dan bagan otomatis dari respons.
Namun, cara terbaik untuk menganalisis hasil Anda dan mengambil keputusan berdasarkan hasil tersebut adalah dengan menggunakan alat seperti Form Publisher. Dengan Form Publisher, Anda dapat secara otomatis menghasilkan dokumen PDF atau Word yang indah dari tanggapan formulir Anda, membuatnya mudah untuk dibagikan dengan tim Anda atau dicetak untuk catatan Anda.
Nah, itulah cara membuat Google Form, sangat mudah bukan? Semoga tutorial ini dapat membantu dalam membuat Google Form yang Anda butuhkan. Selamat Mencoba!